Pertamina Mandalika International Circuit jadi Magnet Pariwisata Olahraga

 

Sirkuit Mandalika, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Bali, DuniaSporting - PT Aviasi Wisata Indonesia (InJourney) milik BUMN Pariwisata dan sponsornya, bersama anak usahanya InJourney Development Tourism Corporation (ITDC), berkomitmen memperkuat posisi Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga kelas dunia. 

Kawasan Mandalika diperkaya dengan hadirnya Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, NTB yang memiliki lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 putaran dan menggunakan Tenun Sasak yang merupakan budaya tradisional Lombok di wilayah tersebut. Programmer 97 Maya Watono menegaskan, pihaknya berperan penting dalam menggali potensi dan memperkuat posisi Mandalika sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan untuk olahraga dan hiburan.

Berbagai event telah diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Circuit, salah satunya ajang balap motor bergengsi tingkat dunia yakni MotoGP yang telah dua kali diselenggarakan yaitu pada 2022 dan 2023.

“Tahun ini tur internasional 200 hari Pertamina Mandalika diikutsertakan dalam acara mobil tersebut. “Pemerintah tertarik untuk mengembangkan lintasan ini tidak hanya untuk digunakan sebagai ajang balap roda dua tetapi juga untuk balap roda empat,” kata Maya. 

sebelumnya telah sukses di Porsche Sprint Challenge Indonesia dan akan menjadi ciri khas Mandalika. 

Pasar Domestik Jepang (JDM) selanjutnya akan digelar pada 28 April hingga 1 Mei 2024 dan merupakan pasar pertama yang digelar di Mandalika. 

“Kami ingin Pertamina Mandalika International Tour menjadi salah satu brand Tanah Air dan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat Lombok. Oleh karena itu, kami menjadikan wisata ini sebagai 'magnet' utama pariwisata yang mencakup seluruh masyarakat Mandalika. Lintasan dapat dibuka dan dilihat oleh umum, sehingga pengunjung dapat datang dan merasakan sensasi mengendarai mobil Radikal di lintasan. Maya menambahkan: “Trek ini juga terbuka untuk pengalaman komunitas seperti Mini Cooper 

Jakarta Selatan, Komunitas Listrik, Mandalika Drift, dll.” Menyusul kesuksesan 

JDM Funday dalam Sentul International Tour selama enam tahun terakhir, JDM Run kembali menggelar acara Time Throw khusus untuk para pecinta mobil sport Jepang pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2024. 

 Acara ini merupakan kerjasama antara JDM Racing, ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). 

JDM Run adalah komunitas game Jepang terbesar di Indonesia. 85 mobil performa tinggi asal Jepang dari seluruh Indonesia akan mengikuti Pertamina Mandalika International Tour untuk bersaing di kompetisi Time Attack. Ajang ini merupakan pilot project pertama di Sirkuit JDM Internasional Mandalika. 

Setiap peserta dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengalaman berkendara dan jenis kendaraan yang digunakan, namun peserta dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan pengalamannya: Pemula, Berpengalaman, dan Profesional. . Kendaraan dibagi menjadi tiga kategori: kategori standar, kategori jalanan, dan kategori balap. 

Bagian ini menciptakan persaingan yang baik dan menarik dengan memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk berkompetisi secara berkelompok sesuai dengan kemampuannya. 

Format Time Attack didesain ramah bagi kompetitor yang belum memiliki pengalaman balapan dan menantang bagi kompetitor berpengalaman.

JDM Funday Mandalika 2024 terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Kolaborasi antara JDM Run, InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan faktor kunci dalam memastikan kesuksesan persiapan, promosi, dan penyelenggaraan JDM Funday Mandalika 2024. Sinergi ini menunjukkan komitmen bersama untuk menghadirkan acara yang berkualitas dan berkesan bagi semua pihak yang terlibat.

Sementara Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka mengungkapkan, ITDC mendukung penuh semua program aktivasi olahraga otomotif di sirkuit Pertamina Mandalika karena akan memberikan dampak positif untuk ekonomi NTB utamanya sektor pariwisata.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, InJourney Group, MGPA, Ikatan Motor Indonesia, Pemerintah Daerah serta para stakeholders lainnya atas dukungan serta kepercayaan mereka terhadap terselenggaranya JDM Funday Mandalika 2024 pada 28 April hingga 1 Mei mendatang,” kata Troy.

“Kami akan terus mengupayakan agar JDM Funday Mandalika 2024 dapat terselenggara dengan sukses dan memberikan manfaat semua pihak yang terlibat. Diharapkan acara di Mandalika International Circuit kali ini dapat menjadi sebuah momentum yang berharga bagi para penggemar mobil sport Jepang serta industri Motor Sport di Indonesia,” ujar Direktur Utama MGPA Priandi Satria.

“Kami mengapresiasi beragam kegiatan otomotif yang dilakukan oleh InJourney Group, khususnya ITDC dan MGPA sebagai pengelola sirkuit Mandalika. Kami juga senang, karena dalam setahun ini sudah 200 hari sirkuit dipesan untuk berbagai kegiatan otomotif baik itu roda dua maupun roda empat. Mandalika International Circuit ini merupakan sirkuit terbaik di dunia dengan keindahannya,” imbuh Rifat Sungkar - Penggiat Otomotif.




Komentar

Rekomendasi Untuk Anda Paling Terbaru

Hasil F1 GP Jepang: Verstappen Kembali ke Jalur Kemenangan

Hasil Liga Champions Asia: Al Hilal Singkirkan Al Ittihad untuk Melaju ke Semifinal

Digoda Manchester United, Joao Gomes Bakal Tinggalkan Wolverhampton?

Hasil Liga Inggris: Arsenal Digasak Aston Villa di Kandang, Persaingan Titel Juara Makin Panas

Erick Thohir Bersalaman dengan Emil Audero Mulyadi, Proses Naturalisasi Segera Dimulai?